Hari Raya Idul Adha

Penulis : Resta Malkisua Abdillah


   Idul Adha tahun ini jatuh pada hari kamis tanggal 29 Juni 2023. Idul Adha identik dengan pemotongan hewan qurban, maka dari itu disebut juga sebagai hari raya qurban. Secara harfiah, qurban berarti persembahan hewan yang dilakukan sebagai tanda rasa syukur kepada Allah SWT atas segala karunia-Nya.

   Konsep qurban dalam Islam didasarkan pada kisah Nabi Ibrahim A.S yang bersedia untuk mengorbankan putranya, Nabi Ismail A.S, sebagai perintah dari Allah SWT. Namun, Allah menggantikan Nabi Ismail A.S dengan seekor domba, sebagai tanda rasa taqwa dan kesetiaan Ibrahim kepada-Nya. Sejak saat itu, praktik qurban dilakukan sebagai bentuk pengorbanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

   Dalam agama Islam, hewan yang boleh dikurbankan adalah sapi, kambing, domba, atau unta yang memenuhi syarat tertentu, seperti usia minimal 1 tahun untuk kambing dan domba, 2 tahun untuk sapi, serta 5 tahun untuk unta. Selain itu, hewan tersebut harus sehat, tidak cacat, dan diperoleh dengan cara halal.

   Makna qurban yang paling utama adalah sebagai bentuk pengorbanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Ketika seorang muslim melakukan qurban, ia sebenarnya mengikuti jejak Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan putranya, karena taat pada perintah Allah SWT. Dengan demikian, praktik qurban menjadi simbol kesetiaan seorang muslim pada Allah SWT.

   Selain itu, qurban juga memiliki makna sosial yang sangat penting. Setiap tahunnya, praktik qurban menghasilkan banyak daging yang kemudian dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, yatim piatu, dan janda. Dengan demikian, qurban juga menjadi salah satu bentuk kepedulian sosial dan keberpihakan pada kaum dhuafa.

   Kesimpulannya, qurban merupakan bentuk ibadah yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT dengan penuh ketaatan dan ketakwaan. Qurban memiliki beberapa makna yang penting, yang dapat menyadarkan kita tentang ketakwaan, peduli sosial serta mempunyai konsep berbagi yang penting yaitu berbagi kepada orang yang sangat membutuhkan sehingga tidak ada batasan antara orang yang memiliki dan orang yang tidak memiliki, karena semua orang mempunyai hak yang sama dalam menikmati daging qurban.


Sumber

https://baznas.jogjakota.go.id/detail/index/27153#:~:text=Qurban%20adalah%20salah%20satu%20praktik,SWT%20atas%20segala%20karunia%2DNya

https://news.detik.com/berita/d-6733014/mengapa-idul-adha-disebut-hari-raya-kurban-ini-asal-usulnya.




Posting Komentar

0 Komentar