Hari Pahlawan

 Hari Pahlawan

Oleh : Zalfa Alghina


Setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, Masyarakat Indonesia memperingati Hari Pahlawan Nasional sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa jasa mereka untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Nah, dibalik hari kemerdekaan nasional ini, terdapat Sejarah yang sangat penting yang harus Nikotomo tahu nih.

Peringatan Hari Pahlawan berkaitan dengan peristiwa pertempuran di Surabaya pada 10 November 1945, yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Tepatnya terjadi pada saat Indonesia telah memperoleh kemerdekaannya. Pada 29 Oktober 1945 terjedi genjatan senjata antara keduanya dan keadaan pun membaik.

Namun tidak lama kemudia terjadi beberapa bentrokan antara pihak Indonesia dan inggris di Surabaya, hingga akhirnya bentrokan tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby pada 30 Oktober 1945. Meskipun banyak pejuang yang gugur di medan perang, tetapi pada saat itu, rakyat Surabaya tidak menyerah dan semangatnya terus membara sehingga membuat tentara Inggris menyerah.

Sejak saat itu, kota Surabaya dikenal sebagai kota pahlawan, dan tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional untuk mengenang jasa para pahlawan serta tragedi pada 10 November 1945 di Surabaya.

Beberapa tokoh penting yang berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan memberikan kontribusi besar bagi bangsa Indonesia antara lain Bung Tomo, Gubernur Suryo, KH. Hasyim Asyari, HR Mohammad Mangundiprojo, Mayjen Moestopo, Abdul Wahab Saleh dan Mayjen Sungkono.

Sumber :

https://umsu.ac.id/artikel/hari-pahlawan-10-november-sejarah-singkat-beserta-tokoh-tokoh-pentingnya/#:~:text=Hari%20Pahlawan%20diperingati%20setiap%20tanggal,mengubah%20tata%20kehidupan%20masyarakat%20kini.



Posting Komentar

0 Komentar