Hari Lahir Pancasila

Oleh : Zalfa Alghina Maulida


Seperti yang kita ketahui, Pancasila adalah dasar dan landasan ideologi bangsa Indonesia yang isinya tercantum di pembukaan UUD 1945. Kata Pancasila sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya lima dasar. Di Indonesia, tanggal 1 Juni adalah hari dimana masyarakat Indonesia memperingati hari lahirnya Pancasila. Lahirnya pancaasila sendiri merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945 silam.

Awal mula tanggal 1 Juni diperimgati sebagai hari lahir Pancasila adalah bermula dari kekalahan Jepang pada saat perang Pasifik pada Juli 1944. Jepang yang mengalami kekalahan ini kemudian berusaha mendapatkan hati masyarakat Indonesia dengan menjanjikan kemerdekaan.

Untuk mempersiapkan kemerdekaan tersebut, Jepang membentuk sebuah lembaga yang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai, atau Badan Penyelidik Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945 berlokasi di Gedung Chuo Sangi In di Jalan Pejambon 6 Jakarta, atau yang sekarang dikenal dengan sebutan Gedung Pancasila diadakan sidang pertama BPUPKI. Awalnya, para anggota belum menemukan titik terang mengenai dasar negara, hingga pada akhirnya di tanggal 1 Juni, Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara. Gagasan yang disampaikan oleh Soekarno adalah mengenai dasar Negara Indonesia merdeka, bernama Pancasila, pidatonya tidak dipersiapkan secara tertulis, namun diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI.

Setelah melalui beberapa proses persidangan, akhirnya rumusan Pancasila berhasil dirumuskan untuk dicantumkan dalam Mukadimah UUD 1945. Akhirnya Pancasila disahkan dan dinyatakan resmi sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945.

Dengan adanya Pancasila, masyarakat Indonesia memiliki pedoman atau petunjuk arah semua kegiatan dalam segala bidang. Mulai dari bermasyarakat sampai dengan jalannya proses pemerintahan. Hal ini menandakan masyarakat Indonesia dijiwai dan didasari oleh kelima sila dalam Pancasila.


Sumber :

https://www.kompas.com/stori/read/2021/09/09/080000679/sejarah-lahirnya-pancasila-dasar-negara-indonesia?page=2

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6104070/hari-lahir-pancasila-dan-awal-mula-peringatannya-sejak-1945





Posting Komentar

0 Komentar