NIKOTIMES

Golden Week (Minggu Emas)

Oleh : Zalfa Alghina Maulida


Golden Week (ゴールデンウイーク) atau Minggu Emas adalah periode hari libur nasional di Jepang, dimana beberapa hari libur nasional berdekatan antara satu sama lain dalam seminggu. Biasanya Golden Week dimulai dari tanggal 29 April hingga awal Mei. Periode berapa lama libur nasional pada periode Golden Week tergantung setiap tahunnya apabila ditambah dengan akhir pekan atau hari kejepit.

Masyarakat Jepang juga sering menyebut Golden Week sebagai GW ataupun Oogata Renkyuu (大型連休 : Liburan berurutan dengan sekala besar). Ataupun Oogon Shuukan (黄金週間 : Minggu Emas). Golden Week ini terdiri dari 4 hari libur utama, yakni hari Showa atau Showa no Hi (29 April), hari konstitusi atau Kenpo Kinenbi (3 mei), hari Hijau atau Midori no Hi (4 Mei), dan hari Anak atau Kodomo no Hi (5 Mei).

Istilah Golden Week muncul pada abad ke-20, yakni sekitar tahun 1948 yang berawal dari berlakunya undang-undang Hukum Liburan Nasional yang mendeklarasikan sembilan hari libur nasional jepang. Pada saat itu juga, siaran televisi belum ada sehingga masyarakat jepang lebih senang menghabiskan waktu liburan mereka dengan pergi ke bioskop untuk menonton film, ataupun bepergian dan berbelanja di toko serba ada. Gedung-gedung bioskop saat itu kebanjiran penonton yang akan pergi menonton film. Matsuyama Hideo dari perusahaan film Daei Motion Picture menyebut, minggu liburan ini sebagai minggu yang paling luar biasa bagi industry film di jepang. Lalu ia menyebut minggu ini dengan istilah “Golden Week”, dan istilah inipun dikenal masyarakat luas hingga sekarang.

Selama Golden Week, biasanya masyarakat jepang memanfaatkannya untuk bepergian atau rekreasi. Orang-orang akan pergi ke luar kota untuk berwisata atau bahkan pulang ke kampung halamannya. Banyak juga yang memilih untuk berada di dalam kota sembari keliling kota, menikmati waktu bersama keluarga dan teman.

Selain mengisi waktu liburannya dengan bepergian ke suatu tempat, masyarakat jepang juga mengisi Golden Week nya dengan memperingati hari libur yang ada. Seperti pada hari Showa, orang orang mengenang mendiang kaisar Hirohito dan mengenang masa kebangkitan Jepang setelah pengeboman yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki. Dan taman nasional Showa Kinen Park akan menggratiskan pengunjung masuk pada hari itu. Lalu, pada hari Konstitusi, biasanya terdapat symposium atau kegiatan unjuk rasa. Pada hari Hijau, banyak kebun raya yang dibuka secara gratis untuk dikunjungi. Dan terakhir, pada hari Anak, akan diadakan beberapa festival untuk memperingatinya, dan tentunya banyak sekali permainan yang dapat dimainkan oleh anak-anak selama fertival tersebut berlangsung.


Sumber :

https://titipjepang.com/budaya/mengenal-golden-week-liburan-panjang-di-jepang/

https://japanesestation.com/lifestyle/japan-fact/apa-arti-golden-week-di-jepang





Posting Komentar

0 Komentar