Apa itu Easter Day?

Penulis: Maya Putri Andini


   Pada tanggal 9 April 2023 umat Kristen,umat Katolik, dan umat Kristen Protestan merayakan Easter Day atau yang biasa kita sebut juga dengan Hari Paskah. Apa sih Hari Paskah itu? Dan bagaimana sejarah Hari Paskah?

 Berbeda dengan Natal, apabila Natal merupakan hari untuk memperingati hari lahirnya Tuhan Yesus, Paskah merupakan peringatan kematian Yesus Kristus, Juru selamat surgawi. Paskah adalah hari kemenangan atas kematian Yesus Kristus. Yesus Kristus mengorbankan dirinya untuk menebus kesalahan dan dosa umat manusia. Kebangkitan Yesus memberikan pengharapan kepada umat-Nya yang telah ditebus oleh darah Tuhan Yesus.

   Paskah adalah tiga hari setelah Yesus Kristus mati di kayu salib. Jadi hari kebangkitan Yesus adalah hidup yang kekal. Kehidupan kekal ini diberikan kepada umat manusia. Paskah dirayakan setiap bulan April. Paskah dirayakan dari hari Minggu pertama setelah bulan purnama pertama atau sesudah titik bulan semi.

  Paskah berasal dari sebuah kata dalam Alkitab Ibrani yang pertama kali disebutkan berkali-kali dalam kitab Keluaran. Dalam kalimat bahasa Inggris diterjemahkan sebagai "Passover" yang berarti "untuk melewati". Penggunaan kata "Paskah" mungkin berasal dari bahasa negara Yahudi, "Keni", yang artinya diperbarui oleh Israel. Makna tersebut diartikan sebagai pembebasan negara Yahudi dari perbudakan oleh negara Mesir.

  Dalam sejarah peringatan Paskah terdapat dua versi, yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. 

   Dalam Perjanjian Lama, Paskah sering kali disebut dengan Passover atau Pesakh yang berasal dari bahasa Ibrani. Namun, sekarang berganti nama menjadi “Pascha”. Dengan juga mengadakan upacara korban domba paskah, ini merupakan suatu tugas dan perinta Tuhan agar dikenang oleh Musa san bani-bani orang Israel (Keluaran 12: 14-17).

  Sedangkan Dalam Perjanjian Baru, tujuan Paskah adalah untuk lebih menekankan kasih, anugerah, dan kuasa yang diberikan Allah kepada kita umat Kristiani. Untuk menyelamatkan umat-Nya dari kerusakan dan kematian, Yesus membebaskan orang percaya dari perbudakan dosa dan memberi mereka jaminan kekekalan di akhir zaman.

   Kebangkitan akhir zaman terbukti melalui kebangkitan Yesus melalui banyak penderitaan. Peristiwa yang dimaksud adalah penyaliban Yesus di kayu salib. Ini tentu saja menjadi bukti bahwa kemuliaan Tuhan Yesus abadi dalam hidup-Nya.  

   Ketika kita mendengar kata “Paskah” pasti yang terlintas di benak kita adalah Telur Paskah, kelinci, dan Roti Anggur. Namun, apakah kalian tau apa arti benda-benda tersebut dalam perayaan Paskah? Simak penjelasannya di bawah ini:


Telur Paskah

 Telur paskah dianggap sebagai simbol kelahiran kembali di zaman kuno. Mereka juga memakannya untuk merayakan datangnya musim semi.

   Mereka percaya bahwa musim semi adalah saat dewa matahari kembali setelah musim dingin. Telur yang dicat tidak hanya simbol dekoratif bagi orang Kristen di masa lalu, tetapi juga mengandung banyak simbol.

  Misalnya dalam warna. Merah melambang kan darah Kristus. Atau dari bentuk. Cangkang telur melambangkan makamnya.

  Pecahnya cangkang adalah pengingat bagi orang Kristen akan kebangkitan Kristus. Pun dengan tradisi menggulung telur paskah yang melambangkan penggulingan batu di depan makam Kristus di Yerusalem. Alasan lain mengapa telur dikaitkan dengan Paskah adalah karena selama ratusan tahun orang Kristen dilarang makan segala jenis produk hewani, termasuk telur, selama Prapaskah.

   Prapaskah adalah periode 40 hari di mana umat Kristiani harus berpuasa sebelum Paskah untuk merenungkan hidup mereka. Sehingga mereka makan telur pada Paskah sebagai perayaan menandai berakhirnya Prapaskah. 


Kelinci

  Kelinci sering hadir dalam perayaan -perayaan Paskah. Hal ini disebabkan pertumbuhan kelinci yang relatif cepat. Kelinci juga menjadi simbol kesuburan bagi paskah dan sering kali disebut sebagai simbol musim semi. Tidak hanya itu, kelinci juga digambarkan sebagai pembawa hadiah telur yang dianggap membawa kedamaian bagi kebangkitan Kristus. Mereka pun membagikannya pada khalayak umum dengan memberikan kabar suka cita.


Roti dan Anggur

  Roti dan anggur akan dibagikan dalam kegiatan Paskah pada saat memasuki Jumat Agung. Roti dan anggur akan diberikan kepada seluruh umat di Gereja. Pemberian roti dan anggur dilakukan ketika pertengahan acara ibadah Jumat Agung. Roti yang diberikan berupa roti tawar dan anggur yang diberikan berupa sirup.


   Nah, yang terakhir kita akan membahas tentang rangkaian perayaan yang dilakukan saat Paskah. Dalam Paskah terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang pertama adalah Minggu Palma, Minggu Palma Mengenang Sengsara Tuhan merupakan hari peringatan dalam liturgi Gereja Kristen, terutama Gereja Katolik Roma. Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu sebelum Paskah. 

   Rangkaian kedua adalah Jalan Salib, Jalan Salib disebut juga sebagai Via Dolorosa yaitu Jalan Penderitaan merupakan penggambaran masa-masa terakhir Yesus dan devosi yang memperingati penderitaan tersebut. Tradisi sebagai devosi yang diadakan oleh gereja dimulai oleh Santo Fransiskus Assisi. Devosi dapat dilaksanakan kapan pun, namun pada umumnya dilakukan di masa-masa pra-Paskah terutama pada Hari Jumat Agung dan pada Jumat malam selama masa pra-Paskah. 

   Rangkaian yang ketiga adalah Kamis Putih, Kamis Putih atau Kamis Suci merupakan hari Kamis sebelum Paskah yang jatuh pada Hari Raya Pekan Suci. Umat Kristiani memiliki tradisi Perjamuan Malam Terkahir yang dipimpin oleh Yesus. Kamis Putih menjadi hari pertama dalam rangkaian perayaan Paskah. Kegiatannya dimulai pukul 6 sore dan berlangsung selama 7 hari.

   Rangkaian keempat adalah Jumat Agung, Jumat Agung dilaksanakan ketika hari Jumat sebelum Minggu Paskah. Jumat Agung dilaksanakan untuk memperingati penyaliban Yesus Kristus dan wafat-Nya di Golgota. Hari kematian tidak dicatat dengan jelas di Alkitab. Beberapa menjatuhkannya di hari Rabu dan sebagian besar memperingatinya di hari Jumat.

   Rangkaian terakhir dalam Hari Paskah adalah Hari Pentakosa, Hari Pentakosa dikenal juga dengan Minggu Putih merupakan hari raya umat Kristiani yang dirayakan untuk memperingati peristiwa dicurahkannya Roh Kudus kepada para rasul di Yerusalem. Peristiwa tersebut terjadi pada 50 hari setelah kebangkitan Yesus Kristus.

   Itulah penjelasan singkat mengenai Easter Day atau Hari Paskah. Selamat Hari Paskah untuk teman-teman yang menjalankan.


Sumber:

“Pengertian Paskah: Rangkaian Peringatan, Sejarah, dan Hal-hal yang Identik”, https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-paskah/

“Sejarah dan Makna Telur Paskah”,

https://voi.id/bernas/42357/sejarah-dan-makna-telur-paskah 




Posting Komentar

0 Komentar